Cara Mengutarakan Keluhan Mobil dengan Tepat ke Mekanik
Untuk beberapa orang, berkomunikasi dengan mekanik mobil terkadang sulit. Hal tersebut dapat dikarenakan beberapa faktor seperti tidak tahu istilah-istilah otomotif, tidak mengetahui masalah yang dialami dan sebagainya.
Agar komunikasi Anda dengan mekanik dapat lebih efektif dan maksud yang diutarakan jelas, Anda perlu menyimak artikel ini! Anda akan mengetahui tata cara efektif mengutarakan keluhan atau permasalahan mobil Anda di sini.
6 Cara Efektif Mengutarakan Keluhan Kepada Mekanik Mobil
Berkomunikasi dengan efektif kepada mekanik yang membetulkan mobil Anda dapat memperlancar proses perbaikan. Namun, bagaimana jika Anda memiliki keterbatasan pengetahuan tentang otomotif? Tak perlu khawatir, begini cara efektif mengatakannya:
-
Buat Daftar Masalah yang Dialami
Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuat catatan atau daftar rinci tentang masalah yang dialami. Jika Anda tidak tahu istilah otomotif, Anda dapat lakukan riset dengan baik sebelum mengatakannya pada mekanik bengkel.
Anda tidak perlu menggunakan istilah teknis yang sulit, cukup catat gejala yang dialami dan siapkan beberapa pertanyaan seperti solusi dan biayanya. Dengan begitu, Anda lebih lancar berkomunikasi dengan mekanik.
-
Bersikap Sopan dengan Mekanik
Hal kedua dan yang paling penting adalah bersikap sopan dan ramah pada mekanik mobil. Jika Anda bersikap ramah, maka mekanik akan melayani Anda dengan senang hati dan komunikasi dapat berjalan dengan baik.
Sebaliknya, jika Anda marah-marah dan sebagainya, mekanik akan malas untuk melayani dan kebutuhan Anda. Anda juga jangan ragu untuk bertanya jika tidak memahami sesuatu.
-
Tunjukkan Masalah yang Dikeluhkan
Ketiga, jika Anda kesulitan mencari istilah teknis keluhan, maka cukup dengan cara menunjukkan masalah yang Anda alami. Misal, ada suara aneh atau getaran pada mobil, Anda dapat menunjukkan letak getaran tersebut berasal.
Mekanik yang profesional akan mengetahui akar masalah dan langsung mengatakannya pada Anda serta memberikan solusi terbaik.
-
Bicara Langsung dengan Mekanik
Ketika Anda melakukan servis di bengkel resmi, keberadaan mekanik biasanya di dalam gedung bangunan terpisah dari customer service atau ruang tunggu. Maka dari itu, agar lebih jelas, Anda dapat meminta berbicara langsung dengan mekanik.
Anda juga dapat meminta rincian masalah yang dialami pada mobil Anda. Namun, biasanya mekanik yang bekerja di bengkel resmi akan langsung mendatangi Anda dan mengutarakan segala jenis masalah kendaraan.
-
Tanyakan Batas Waktu Perbaikan
Selain estimasi biaya, Anda juga dapat menanyakan batas waktu perbaikan mobil kepada mekanik mobil. Hal ini berguna sebagai informasi Anda, terlebih jika Anda menggunakan mobil untuk kebutuhan sehari-hari.
Disarankan Anda menanyakan waktu mulai dan selesai serta beberapa penyebab yang membuat durasi perbaikan begitu panjang. Jangan lupa ungkapkan dengan baik dan sopan, ya!
-
Jaga Komunikasi dengan Baik
Setelah mobil Anda diperbaiki, jangan lupa untuk berterima kasih dan terus menjaga komunikasi dengan baik. Hal ini berguna di masa depan apabila Anda memiliki keluhan lagi pada mobil.
Anda dapat meminta nomor HP mekanik jika ada kebutuhan lain seperti ingin bertanya saat mobil mobil mogok di tengah jalan. Menjaga komunikasi yang baik juga menunjukkan bahwa Anda pelanggan yang ramah.
Penjelasan di atas menunjukkan bahwa pentingnya berkomunikasi dan bersikap ramah pada mekanik mobil. Jika Anda tidak tahu istilah teknis otomotif, jangan khawatir. Sobat Suzuki dapat bertanya langsung tanpa harus malu dengan mekanik bengkel.
Anda juga disarankan untuk tidak mengabaikan saran baik dari mekanik. Mari kunjungi mekanik Anda di bengkel resmi Suzuki dan lakukan servis rutin agar mobil Anda optimal. Klik di sini untuk booking jadwal servis.