Berita

    Featured Image

    Tips Mengemudi Aman di Jalanan Pemukiman

    Mengemudi di jalanan pemukiman tak bisa dilakukan secara sembarangan. Terlebih lagi jika pemukiman tersebut mempunyai penduduk yang cukup padat. Oleh sebab itu, tips mengemudi aman di jalanan ini diperlukan.

    Tips ini bisa dipelajari baik oleh pemula maupun pengendara profesional. Dengan demikian, keamanan dan kenyamanan bersama tetap dapat terjaga. Simak ulasan selengkapnya dalam artikel berikut.

    Tips Mengemudi di Daerah Pemukiman

    Cara mengemudi di setiap jalanan tak bisa disamakan. Hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan kondisi. Lantas, bagaimana tips untuk mengemudi yang aman di jalanan pemukiman? Berikut beberapa di antaranya.

    • Letakkan Ponsel

    Ponsel memang bisa membuat orang kecanduan untuk selalu menggunakannya. Bahkan, ponsel tetap sering digunakan saat mengemudi. Sayangnya, hal ini bukanlah tindakan terpuji saat mengemudi karena dapat mengganggu konsentrasi.

    Oleh sebab itu, letakkan ponsel terlebih dahulu saat mengemudi. Terlebih lagi di jalanan pemukiman yang tidak terlalu lebar dan ramai penduduk.

    • Jangan Ngebut

    Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh pengemudi adalah mengebut di jalanan pemukiman. Tentu hal ini dapat membawa bahaya bagi diri sendiri maupun penduduk setempat. 

    Oleh sebab itu, jangan mengebut di jalanan pemukiman. Usahakan untuk mengemudi dengan kecepatan maksimal 30 kilometer per jam. 

    Namun, bila mengemudi di pemukiman sangat padat dengan jalan yang tak terlalu lebar, turunkan kecepatan hingga 10 sampai 20 kilometer per jam.

    • Perhatikan Pergerakan Anak Kecil dan Hewan

    Anak kecil sering belum memahami akan bahaya menyeberang atau lari ke jalan secara tiba-tiba sehingga melakukannya. Oleh sebab itu, Anda perlu mewaspadai dan memperhatikan pergerakan anak-anak kecil di sekitar jalanan tersebut.

    Tak hanya manusia, pergerakan hewan juga perlu diamati. Terlebih lagi banyak pemukiman yang juga dihuni oleh hewan peliharaannya, misalnya adalah kucing, anjing, dan ayam. Hewan-hewan seperti ini juga sering lari ke jalan secara tiba-tiba.

    • Pahami Titik Buta Mobil

    Tips mengemudi aman di jalanan pemukiman selanjutnya adalah memahami titik buta mobil. Setiap mobil bisa mempunyai titik buta, tergantung model dan ukurannya. Ketahui titik mobil Anda dengan tepat untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan terjadi di sana.

    Selain itu, perhatikan kondisi sekitar. Bila ada manusia, hewan, atau benda tertentu yang masuk ke titik buta mobil, pengemudi perlu berhati-hati dan segera bergerak agar mereka bisa terlihat lagi.

    • Berbelok dengan Hati-Hati

    Banyak pihak yang menggunakan jalanan pemukiman, termasuk di belokan atau persimpangan. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, pengemudi bisa berhati-hati saat berbelok di sana.

    Lakukan hal tersebut dengan normal sesuai aturan. Caranya dengan berhenti sejenak untuk mengamati kondisi sekitar. 

    Supaya bisa melihat dengan jelas, jendela dapat dibuka. Bila perlu, keluarkan kepala untuk memastikan keadaan terutama di jalanan yang sempit.

    • Tetap Menjaga Jarak Aman

    Menjaga jarak adalah kunci mengemudi yang aman. Maka dari itu, pengemudi perlu melakukannya, termasuk di jalanan pemukiman. 

    Dengan demikian, pengemudi mempunyai jarak dan waktu yang cukup untuk mengantisipasi hal-hal di jalanan tersebut.

    Dalam menjaga jarak aman ini, pengemudi perlu menurunkan ego. Bila perlu, persilakan penduduk setempat untuk melakukan aktivitasnya terlebih dahulu.

    Selain menerapkan tips mengemudi di atas, pengemudi tetap harus menghargai penduduk setempat dan menaati peraturannya.