Berita

    Featured Image

    etahui Pengertian Horse Power pada Komponen Dalam Mobil

    Jika Anda memiliki kecintaan di dunia otomotif, tentu istilah horse power menjadi hal yang umum di dengar. Komponen ini menjadi salah satu hal yang penting dalam mobil dan sering dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika memilih atau membeli kendaraan. 

    Komponen ini juga sering disebut dengan tenaga kuda dan menjadi spesifikasi penting dalam mobil. Bahkan, istilah ini mempunyai pengaruh untuk menentukan kecepatan dan peforma kendaraan. Dengan pentingnya fungsi yang dimilikinya, Anda harus memperhatikan komponen ini dengan cermat. 

    Sekilas Mengenal Horse Power

    Tenaga kuda adalah sebuah istilah yang merujuk menggunakan satuan tenaga kuda. Biasanya, istilah ini digunakan agar dapat menentukan ketangguhan kekuatan mobil. sebenarnya, istilah ini telah digunakan dari zaman dahulu. 

    Awalnya, istilah ini digunakan untuk melakukan pengukuran mesin uap menggunakan tarikan kuda. Biasanya, 1 tenaga kuda memiliki kekuatan mulai dari 735,5 hingga 745,7 watt. Ini berarti, 1 tenaga kuda termasuk tenaga cukup besar. 

    Di dalam mobil, komponen ini berfungsi untuk membuat kendaraan melaju walaupun memiliki beban yang kuat. Perhitungannya sama dengan mesin yang dirancang manusia. Inilah hal yang membuatnya digunakan sebagai alat mengukur kemampuan mesin. 

    Tenaga yang dihasilkan mobil dalam jangka waktu tertentu akan menjadi ukuran seberapa kuat produk tersebut. 

    Cara Kerja yang Dimiliki Horse Power

    Ketika mobil sedang bergerak, tenaga kuda akan bekerja agar dapat menentukan seperti apa tingkat kecepatan yang dimiliki kendaraan sesuai dengan spesifikasi mesin. Umumnya, tenaga ini akan muncul ketika mobil sudah dihidupkan dan digerakkan. 

    Sebagai catatan, jika semakin cepat laju kendaraan, nantinya tenaga kuda yang dibutuhkan juga menjadi semakin besar juga. 

    Apa Perbedaannya dengan Torsi? 

    Tidak sedikit orang yang beranggapan jika tenaga kuda sama dengan torsi. Padahal tidak demikian, keduanya mempunyai arti hingga cara kerja yang berbeda. Walaupun demikian, tenaga kuda dan torsi menjadi komponen yang saling berkaitan. 

    Torsi dapat dikatakan sebagai gaya yang nantinya dikeluarkan oleh mesin mobil. torsi berguna sebagai pemutar penggerak. Saat kecepatan mobil berubah, hal ini dapat disebabkan karena torsi. 

    Bila semakin besar torsi yang nantinya dikeluarkan, kecepatan kendaraan akan menjadi semakin cepat. Sedangkan, tenaga kuda adalah tenaga yang dikeluarkan oleh mesin agar bisa mencapai kecepatan paling tinggi.