Berita

    Featured Image

    Simak Caranya Membersihkan Roda Mur pada Mobil di Musim Hujan

    Seperti yang sudah kita ketahui, musim hujan akan membuat mobil lebih cepat kotor. Banyak orang yang akan sering mencucinya namun hanya bagian body saja. Padahal, roda mur mobil juga harus dijaga kebersihannya.

    Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara membersihkan roda mur serta beragam manfaat yang dapat dirasakan bila roda mur tersebut bersih.

    Cara Membersihkan Roda Mur Mobil

    Bagaimana cara membersihkan roda mur pada mobil dengan benar? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

    • Mengoleskan Roda Mur dengan Sabun

    Disarankan bagi Anda untuk melakukan perawatan harian pada roda mur. Caranya sederhana, yakni dengan mengoleskan sabun sedikit pada roda mur. Setelah itu, gosoklah perlahan dan bilaslah dengan air bersih.

    • Membersihkan Sela-sela Roda Mur Setiap Selesai Kehujanan

    Banyak orang akan mencuci mobilnya setelah dipakai saat hujan datang. Bila Anda juga melakukan hal yang sama, jangan lupakan untuk membersihkan roda mur juga. 

    Sekalipun Anda tidak langsung mencuci mobil Anda setelah kehujanan, Anda sebaiknya tetap membersihkan sela-sela roda mur pada mobil Anda.

    Cara membersihkan roda mur cukup sederhana, yakni dengan membasuhnya menggunakan air bersih dan keringkan sela-selanya dengan kain yang lembut seperti kanebo. 

    • Membuka Roda Mur Seminggu Sekali

    Bila mobil Anda sering kehujanan, ada baiknya Anda membersihkan roda mur secara menyeluruh yakni dengan membuka roda mur pada mobil Anda seminggu sekali. Setelah dibuka, bersihkanlah roda mur tersebut.

    Namun berhati-hatilah dalam membersihkan agar roda mur tidak tergores. Anda bisa menggunakan kain lembut untuk membersihkannya. Jika Anda kerepotan, Anda bisa membawanya ke bengkel terdekat.

    • Memberikan Penetran

    Penetran adalah sebuah cairan untuk roda mur mobil agar tidak mudah ditumbuhi jamur dan berkarat. Biasanya para mekanik akan menambahkan ini ketika membersihkan roda mur.

    Anda juga bisa menambahkan penetran sendiri kepada roda mur. Caranya adalah setelah dibuka dan dibersihkan, berikanlah penetran pada roda mur tersebut. Konsultasikan pemberian penetran ini kepada mekanik di bengkel

    Manfaat Menjaga Kebersihan Roda Mur

    Di ulasan sebelumnya Anda sudah mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan roda mur. Lantas, apa manfaat dari membersihkan roda mur tersebut?

    • Mencegah Jamur