Berita

    Featured Image

    Apa Itu EFI Mobil? Penjelasan dan Perannya

    Dalam dunia otomotif, istilah electronic fuel injection atau EFI adalah istilah yang pasti sering terdengar. Terlebih pada mobil-mobil yang baru-baru ini diproduksi, karena sudah mengadopsi teknologi yang satu ini pada mesinnya.

    EFI memiliki kaitan yang cukup erat dengan suplai bahan bakar pada mesin kendaraan. Komponen ini mendukung suplai bahan bakar yang lebih optimal sehingga proses pembakaran mesin menjadi lebih optimal.

    EFI Adalah?

    EFI merupakan singkatan dari electronic fuel injection, artinya sistem penyemprotan bahan bakar berbasis elektronik. Saat ini, banyak kendaraan terbaru yang sudah menggunakan teknologi yang satu ini untuk mengoptimalkan penggunaan bahan bakar.

    Belakangan ini, penggunaan sistem karburator sudah mulai ditinggalkan karena dianggap sudah tidak cocok lagi dengan sistem operasi kendaraan modern. 

    Secara khusus, dapat diketahui bahwa EFI adalah sistem elektronik yang mampu menghasilkan campuran bahan bakar dan udara dengan kadar yang ideal. Berkat fungsinya tersebut, kinerja mesin dan tenaga gerak yang dihasilkan lebih optimal.

    Komponen ini akan mengamati keadaan mesin mobil, mengecek ECU, serta menyelesaikan proses suplai bahan bakar dengan kadar yang dibutuhkan. Sistem ini menjadikan komponen ECU sebagai pusat sistem sehingga kinerjanya akan bergantung pada ECU.

    Cara kerjanya yaitu seluruh sensor akan disimpan lalu diproses untuk mengetahui jumlah bahan bakar yang perlu dikirim ke ruang pembakaran. Semakin banyak jumlah sensor yang diterima oleh ECU, maka sistem EFI akan semakin efisien. 

    Fungsi EFI pada Mobil yang Perlu Dikenali

    Kehadiran teknologi EFI telah memberikan banyak manfaat bagi kendaraan. Selain menjadikan penggunaan bahan bakar lebih efisien, EFI juga memiliki sederet fungsi lainnya. Adapun fungsi EFI adalah sebagai berikut: 

    • Penyesuaian Ketinggian Jalan

    Fungsi pertama EFI pada mobil yaitu mengoptimalkan kendaraan saat melalui jalan yang tinggi. Teknologi EFI dapat membantu menyesuaikan campuran antara udara dan bahan bakar sehingga mesin dapat berfungsi dengan baik.

    Hal ini terjadi karena fuel injection dapat melakukan kinerja tersebut secara otomatis melalui kontrol elektroniknya. Dengan begitu, Anda dapat berkendara dengan lebih nyaman.

    • Menyalakan Mesin dengan Otomatis

    EFI berfungsi untuk menghidupkan arus dingin dan panas pada mesin mobil dengan otomatis. Jadi, Anda tidak harus menyesuaikan choke terlebih dahulu pada saat menyalakan mesin.

    • Tenaga yang Dihasilkan Lebih Konsisten

    Kontrol elektronik yang dimiliki oleh EFI dapat menghasilkan tenaga yang cukup kuat. Tidak hanya itu, tenaga tersebut juga cenderung lebih konsisten karena pengaturannya berjalan secara otomatis. 

    Mesin yang sudah dilengkapi oleh teknologi ini dapat menyuplai torsi dan tenaga lebih tinggi. Hal ini dapat mempertahankan kinerja yang lebih konstan secara berkelanjutan.

    • Hemat Bahan Bakar

    Fungsi lainnya dari EFI yaitu dapat meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar. Hasilnya, mobil menjadi lebih hemat dalam pemakaian bahan bakar. Diketahui, teknologi ini mampu menghemat bahan bakar hingga 25%.

    efi hemat bahan bakar

    • Meningkatkan Akselerasi

    Sistem EFI akan menginjeksikan bahan bakar langsung ke ruang bakar. Hal ini menyebabkan respon mesin lebih baik terhadap perubahan posisi pedal dan meningkatkan akselerasi. Tentunya, ini dapat meningkatkan kenyamanan berkendara.

    • Menghasilkan Campuran yang Lebih Homogen

    Diketahui, sistem EFI mampu mengontrol perbandingan udara dan bahan bakar dengan lebih mudah. Hal ini membuat mesin dapat menghasilkan tenaga yang lebih tinggi dengan emisi yang lebih rendah.

    EFI adalah teknologi yang memiliki peran penting pada sistem pembakaran. Selain meningkatkan efisiensi bahan bakar, juga memiliki sederet fungsi yang menguntungkan.