Berita

    Featured Image

    Wajib Tahu! Pentingnya Memahami Fitur Keselamatan Mobil

    Meningkatnya jumlah kecelakaan yang terjadi membuat pihak pabrikan otomotif berupaya menghadirkan kendaraan yang aman. Salah satunya adalah dengan menyematkan berbagai fitur keselamatan mobil berteknologi canggih dan easy to use.

    Itu sebabnya, salah satu faktor yang harus dipertimbangkan ketika akan membeli mobil adalah fitur keselamatannya. Setidaknya, dengan adanya fitur canggih tersebut akan membantu pengemudi sekaligus mengantisipasi apabila terjadi kecelakaan. 

    Dengan demikian, besarnya risiko yang mungkin dialami bisa diminimalisir. Lalu, apa saja fungsi dari berbagai fitur keselamatan yang ada pada mobil? Berikut informasinya. 

    Mempelajari Berbagai Fitur Keselamatan Mobil Beserta Fungsinya

    Apapun jenis mobil yang Anda inginkan, jangan lupa untuk menanyakan apa saja fitur yang tersemat pada kendaraan impian tersebut. 

    Namun, kendala yang kerap dialami adalah sulit untuk mengingat nama atau istilah dari fitur tersebut karena setiap pabrikan memiliki istilah tersendiri, walau memiliki fungsi yang serupa. 

    Sebagai informasi, berikut beberapa istilah dan fungsi dari fitur keselamatan yang ada pada mobil. 

    • Anti-Lock Braking System (ABS)

    Fitur keselamatan pertama yang ada pada mobil adalah Anti-Lock Braking System. Fungsinya adalah untuk mengontrol atau mengatur sistem saat harus melakukan pengereman secara mendadak. 

    Dengan adanya fitur ini sistem bisa mencegah roda menjadi terkunci. Selain itu, ABS juga membuat mobil tidak tergelincir ketika melaju di jalanan yang licin saat hujan. 

    • Fitur BSM

    Fitur kedua dikenal dengan istilah BSM atau Blind Spot Monitoring yang membantu pengemudi dalam melihat objek atau kendaraan lain di beberapa titik yang tidak bisa dilihat melalui kaca spion samping atau tengah. 

    Cara kerja fitur ini adalah memberikan sinyal atau peringatan berupa lampu yang berkedip atau suara. 

    Dengan adanya sinyal tersebut akan memungkinkan pengemudi dalam menjaga pandangan pada jalur yang tepat dan membantu menavigasi perubahan jalur. 

    • Rear View Mirror

    Fitur ini memiliki fungsi serupa dengan Blind Spot Monitoring, yaitu memberi pandangan luas ke belakang mobil yang tidak terlihat dari kaca spion samping dan tengah. 

    Dengan adanya fitur Rear View Mirror ini Anda akan terhindar dari kecelakaan yang disebabkan oleh penggunaan lampu dim yang tidak sesuai fungsinya.