Berita

    Featured Image

    Wajib Tahu! Efek Gonta Ganti BBM Mobil

    Penggunaan bahan bakar yang tepat dan konsisten adalah salah satu faktor penting dalam menjaga kinerja dan umur mesin mobil. Itu sebabnya, gonta ganti BBM sembarangan perlu dihindari agar tidak memberikan efek buruk pada mesin.

    Namun jika dilakukan dengan hati-hati dan tidak terlalu sering, sebenarnya mengganti BBM dengan jenis lain tidak akan memberikan dampak buruk yang signifikan. Karena itu, ketahui apa saja efek dan hal yang harus diketahui seputar gonta ganti jenis BBM pada mobil.

    Efek Gonta Ganti BBM Mobil

    Penggunaan BBM yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan bisa menyebabkan masalah pada beberapa komponen penting mesin. Beberapa efek yang mungkin timbul akibat gonta-ganti bahan bakar adalah sebagai berikut.

    • Detonasi atau Knocking

    Detonasi atau knocking terjadi ketika BBM terbakar secara mendadak dan tidak terkendali di dalam ruang bakar mesin. Jadi, sering mengganti bahan bakar dengan oktan yang tidak sesuai dengan rasio kompresi mesin dapat menyebabkan knocking.

    • Kerusakan pada Komponen Mesin

    Akibat detonasi atau knocking, hal ini dapat merusak bagian-bagian mesin seperti piston dan dinding silinder, busi, katup, atau sistem injeksi, sehingga bisa mengurangi efisiensi pembakaran.

    • Penurunan Performa Mesin

    Selanjutnya, penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai juga dapat menyebabkan penurunan performa mesin. Akibatnya, sehingga akselerasi dan daya mesin dapat menurun dan tidak seperti biasanya.

    • Peningkatan Emisi Gas Buang

    Gonta ganti BBM dapat meningkatkan emisi gas buang yang berbahaya ke lingkungan. Sebab ketika mesin berusaha menyesuaikan dengan BBM yang berbeda, akan terjadi pembakaran tidak sempurna dan menghasilkan lebih banyak polutan.

    • Pembentukan Kerak pada Sistem Mesin

    Terakhir, mengganti ke BBM yang tidak sesuai dapat menyebabkan pembentukan kerak pada sistem injeksi mesin. Kerak ini dapat mengganggu aliran bahan bakar yang optimal, sehingga performa mesin terganggu dan konsumsi BBM meningkat.

    Jadi, Apakah Gonta Ganti BBM Mobil Itu Boleh?

    Pixbay

    Sebenarnya, mengganti bahan bakar pada mobil boleh dilakukan. Tetapi jika Anda ingin melakukan gonta ganti bahan bakar, berikut ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar performa dan kinerja mesin tetap terjaga.

    • Jangan Terlalu Sering