Berita

    Featured Image

    Tips Modifikasi Mobil yang Aman dan Nyaman

    Modifikasi atau pengubahan mobil merupakan opsi yang bisa Anda lakukan ketika kondisi mobil baru ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi Anda. Tidak hanya pada mobil baru saja, namun Anda juga bisa melakukan pengubahan pada mobil lama agar lebih nyaman dikendarai.

    Baik eksterior atau interior mobil, pengubahan mobil jadi hobi para pecinta otomotif yang ingin mengekspresikan diri. Untuk memastikan pengubahan mobil tidak berlebihan dan memang ditujukan untuk kenyamanan dan keamanan berkendara, berikut tips yang bisa Anda ikuti.

    6 Tips Modifikasi Mobil yang Aman dan Nyaman

    Pengubahan mobil tidak harus mewah, Anda bisa mengubah mobil dengan tujuan membuatnya lebih nyaman dan aman untuk dibawa berkendara. Ikuti tips di bawah ini jika Anda ingin pengubahan mobil yang menunjang pengoptimalan fungsi fitur dan komponen mobil.

    • Mengganti Velg dan Ban Mobil

    Anda bisa mengubah ban serta velg mobil apabila merasa laju mobil kurang stabil. Meskipun banyak yang melakukan pengubahan ban demi gaya semata, namun mengganti ban jadi lebih lebar dan ceper menjadi cara agar laju mobil lebih stabil.

    Pilihlah ban dan velg yang tahan lama, sehingga mengoptimalkan laju mobil ketika berjalan di berbagai medan pun bisa terwujud.

    • Melapisi Jok Mobil

    Pengubahan jok mobil akan menjadi perubahan yang terasa signifikan dan lebih nyaman. Sebab, Anda sebagai pengendara akan duduk dalam waktu cukup lama. Jadi, mengganti jok mobil dengan bahan yang lebih berkualitas adalah opsi menarik.

    Bila Anda merasa mengubah jok mobil secara keseluruhan terlalu berat, maka melapisi jok mobil dengan pelapis berbahan kulit menjadi alternatifnya.

    Kelebihan pelapis jok mobil dari kulit yakni lebih terkesan berkelas, serta akan mudah dibersihkan apabila terkena kotoran.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               

    • Mengubah Shock Breaker

    Komponen mobil satu ini menentukan apakah berkendara di jalan yang berlubang bisa nyaman atau tidak. Bila ternyata mobil rentan berguncang, maka Anda dapat mengubahnya dengan shock breaker dari merk terkenal agar kualitasnya terjamin.

    Modifikasi shock breaker pada mobil berukuran kecil akan lebih cocok bila menggunakan gas shock. Untuk mobil ukuran lebih besar, maka tipe heavy duty shock akan lebih memadai.

    • Menambahkan Aksesori yang Fungsional

    Berikutnya, Anda bisa mengubah interior atau eksterior mobil dengan menambahkan aksesori yang menunjang fungsi fitur-fitur pada mobil. 

    Contoh aksesori yang fungsional dan menambah kenyamanan berkendara diantaranya mulai dari phone holder, organizer mobil, talang air, air freshener, audio, alarm, USB charger, hingga kamera mobil.

    Anda dapat mengidentifikasi kebutuhan fitur mobil yang belum tersedia dari fitur bawaan. Sehingga, penambahan aksesori pun lebih efektif dan efisien, serta mendukung kenyamanan berkendara Anda.

     

    tips modifikasi mobil

    pexels.com

    • Memasang Kaca Film

    Untuk meredam cahaya agar tidak terlalu terang dan menusuk ke arah kabin mobil, maka Anda bisa mengubah dan melakukan alterasi kaca mobil dengan memasang kaca film.

    Anda bisa memilih warna film sesuai selera karena terdapat macam-macam warna di pasar, namun pastikan kaca film tidak terlalu gelap sehingga berujung mengurangi visibilitas ketika berkendara.

    • Memasang LED

    Satu lagi tips mengubah mobil agar terasa lebih nyaman adalah dengan memasang lampu LED pada kolong mobil. Anda bisa memilih berbagai warna yang tersedia, seperti biru hingga hijau, menyesuaikan dengan warna mobil agar lebih serasi.

    Tampilan mobil pun lebih menarik dengan memasang LED. Berkendara di malam hari pun juga lebih nyaman dan aman karena terbantu dengan keberadaan lampunya.