Berita

    Featured Image

    Pentingnya Buku Manual Mobil yang Harus Diketahui

    Ketika Anda membeli kendaraan mobil baru, tentu terdapat buku manual yang diberikan otomatis oleh seller. Buku manual mobil atau manual book seringkali dijadikan aksesoris semata oleh para pengendara. Padahal memahami isinya sangat penting demi keselamatan dan kenyamanan mobil.

    Lalu, apa pentingnya memahami buku manual untuk mobil bagi para pengemudi? Anda dapat menyimaknya dalam artikel di bawah ini. Sekaligus mengetahui informasi apa saja yang terdapat pada buku manual.

    5 Alasan Pentingnya Buku Manual Mobil

    Buku manual kendaraan mobil memiliki informasi vital yang seyogyanya diperhatikan oleh pemiliknya. Jika Anda menyimak artikel ini, sebaiknya ke depannya Anda tidak menganggap buku manual hanya sekadar aksesori saja yang tidak berisi informasi apa-apa.

    Alasan penting dibuatnya buku manual menjadi informasi tambahan yang sangat amat bermanfaat. Terdapat berbagai alasan mengapa buku manual begitu penting, alasan-alasan tersebut dapat Anda simak di bawah ini:

            1. Modal Untuk Lebih Mengenal Spesifikasi Mobil

    Pertama-tama, alasan mengapa buku manual begitu penting adalah sebagai modal bagi pengemudi untuk lebih mengenal spesifikasi mobil yang dimilikinya. Informasi seperti kapasitas tangki, jenis bahan bakar dan volume oil terdapat pada buku manual.

    Informasi spesifikasi mobil tersebut yang nantinya dapat menunjukkan kepada pengemudi takaran bahan bakar dan oli apa yang digunakan. Jangan menerka-nerka spesifikasi mobil karena setiap mobil berbeda-beda.

            2. Informasi Penting Tentang Mesin Mobil

    Di dalam buku manual pada mobil, informasi penting berikutnya adalah pengenalan mesin-mesin mobil. Jika Anda membaca buku manual, perkara mesin mobil mulai dari fungsi dan cara perawatannya lengkap ada di dalam buku manual.

    Maka dari itu, buku manual akan sangat membantu Anda mengenal lebih jelas komponen-komponen mesin mobil Anda. Tujuannya, agar kedepannya jika terdapat masalah pada salah satu komponen, Anda dapat mengatasinya.

            3. Adanya Tips Untuk Mengatasi Masalah Pada Mobil

    Buku manual mobil juga terdapat tips untuk mengatasi masalah yang terjadi pada mobil. Pemakaian mobil Anda tentu tidak selalu mulus dan pasti akan mengalami penurunan performa. Maka dari itu, buku manual akan mengajarkan Anda untuk melakukan perawatan rutin.

    Misal, informasi tentang perawatan penggantian oli yang harus dilakukan kurang lebih setelah jarak tempuh 10.000 km atau 3 bulan sekali. Semua informasi tersebut terdapat pada buku manual dan wajib untuk dimengerti oleh setiap pemilik mobil.