Berita

    Featured Image

    Kuning atau Putih? Begini Cara Memilih Lampu Mobil yang Tepat

    Tingkat pencahayaan yang kurang mumpuni dari lampu mobil bisa berakibat fatal, baik bagi pemilik kendaraan maupun pengendara lainnya. 

    Sebab, selain membuat pengemudi kesulitan untuk melihat kondisi sekitar saat berkendara di malam hari, hal tersebut juga bisa membahayakan sesama pengguna jalan lainnya. 

    Pemilihan warna bohlam juga harus diperhatikan karena setiap jenis lampu untuk kendaraan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. 

    Lalu, apa saja jenisnya dan bagaimana cara memilih lampu yang tepat dan berkualitas untuk mobil? Berikut penjelasannya. 

    Jenis Lampu Mobil di Pasaran

    Terdapat tiga jenis lampu yang tersedia di pasaran untuk dipasang ke mobil, yaitu HID, LED, dan Halogen. Untuk lebih detailnya, simak perbedaan ketiga jenis lampu untuk mobil tersebut. 

    • HID 

    Jenis lampu pertama yang bisa ditemukan di pasaran adalah HID (High Intensity Discharge) atau kerap disebut sebagai lampu xenon. Lampu HID ini harganya cukup ramah di kantong dan pencahayaan yang dihasilkan juga cukup terang mencapai 3.000 lumens. 

    Visibilitas lampu HID ini memang terang sehingga memudahkan pengemudi terutama ketika berkendara di malam hari. 

    Namun potensi silau atau glare akibat pantulannya juga bisa membahayakan. Selain itu, lampu xenon ini butuh waktu beberapa saat untuk bisa menyala dengan terang.

    • LED 

    Jenis lampu yang kedua adalah LED (Light Emitting Diodes) yang banyak digunakan di mobil. Walau tidak seterang HID, namun jika dibandingkan dengan lampu jenis halogen, usia pakai lampu LED jauh lebih awet.  

    • Halogen

    Jenis lampu untuk mobil yang ketiga adalah halogen, dengan harga di pasaran relatif murah namun memiliki cahaya yang sangat terang. 

    Meskipun demikian, disarankan untuk tidak menggunakan lampu halogen pada mobil karena selain menghasilkan panas, cahayanya juga terlalu terang sehingga bisa membahayakan pengguna jalan lainnya. 

    Kiat Memilih Lampu untuk Mobil yang Berkualitas

    Fungsi lampu pada mobil tidak hanya sebagai alat penerang saja, melainkan juga sebagai alat komunikasi antar sesama pengguna jalan. Itu sebabnya tingkat pencahayaannya tidak boleh redup atau terlalu terang. 

    Dengan kata lain, setiap pemilik kendaraan boleh melakukan modifikasi namun harus mematuhi aturan penggunaan lampu mobil yang telah ditetapkan. Agar bisa menemukan lampu tepat, simak kiat dalam memilih lampu untuk mobil berikut ini. 

    • Dari Produsen Terpercaya