Berita

    Featured Image

    Ketahui Penyebab Radiator Mobil Cepat Panas & Cara Mengatasinya

    Radiator mobil berperan penting dalam menjaga suhu mesin mobil tetap stabil. Namun jika radiator mobil cepat panas, maka sistem pendinginan mesin tidak bisa berfungsi maksimal. Menyebabkan mesin mobil mengalami overheat. 

    Radiator yang semestinya menurunkan suhu mesin, malah ikut mengalami panas berlebih. Penyebabnya bisa berasal dari beberapa hal. Namun yang jelas ada kerusakan pada bagian sistem kerja radiator mobil. 

    Penyebab Radiator Mobil Cepat Panas

    Radiator berfungsi  menurunkan suhu mesin mobil setelah mesin bekerja maksimal. Komponen ini bisa mengalami kerusakan dan hal tersebut akan mempengaruhi sistem pendingin mobil. 

    Cari tahu apa yang menyebabkan radiator mobil bisa cepat panas. Di antaranya bisa disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini:

    • Kebocoran Pada Selang Radiator

    Radiator tidak bisa berfungsi karena ada kebocoran pada selang atau bahkan di radiatornya sendiri. Anda bisa mengetahuinya saat menemukan ada tetesan air di bawah mobil. 

    Kebocoran mengabikatkan air di dalam radiator lebih cepat habis. Membuat cairan pendingin tidak mampu menurunkan suhu mesin mobil. 

    Sedangkan yang menyebabkan selang radiator rusak bisa karena bagian sambungan tidak terpasang dengan kencang atau penempatannya kurang pas. 

    Jadi sebelum Anda berangkat, coba cek radiator dan selangnya untuk memastikan tidak ada kebocoran.

    • Menggunakan Cairan Radiator yang Tidak Sesuai

    Bila Anda masing sering mengisi radiator dengan air mineral biasa sebaiknya segera dihentikan. Karena cairan yang tepat untuk digunakan adalah radiator coolant. 

    Mengisi ulang radiator dengan air biasa dapat membuat radiator cepat rusak. Karena jika menggunakan air biasa kandungan mineral dan logam, serta kotoran yang mungkin ada pada air jadi mengendap. 

    Selang dan water pump jadi mudah kotor dan bisa berkarat, oleh kotoran yang menumpuk dan mengerak. 

    • Sirkulasi Air Radiator Tersumbat

    Endapan kotoran dan karat yang muncul di dalam radiator bisa menyebabkan sirkulasi air radiator terganggu. Hal ini juga bisa membuat radiator mobil jadi panas berlebih. 

    Sebab pertukaran udara di radiator tidak berlangsung optimal, membuatnya jadi lebih cepat panas.  

    • Kipas Radiator Mati

    Penyebab radiator mobil yang cepat panas selanjutnya yaitu kipas radiator yang mati. Bisa juga dikarenakan kipas radiator dipasang terbalik. Sehingga tidak mampu bekerja dengan maksimal. 

    • Thermostat Tidak Dapat Berfungsi