Berita

    Featured Image

    Ketahui Penyebab Air Radiator Mobil Berkurang

    Air radiator pada mobil memiliki peran penting dalam menjaga suhu mesin tetap stabil sehingga mobil dapat beroperasi secara normal dan optimal. Jika air radiator mobil berkurang secara tidak normal, maka mesin mobil dapat ikut bermasalah.

    Salah satu masalah yang merupakan dampak dari air radiator yang berkurang adalah overheating. Jika mesin mengalami overheating atau kenaikan suhu ekstrim, maka komponen lainnya juga akan ikut bermasalah, bahkan mengalami kerusakan dan mengganggu performa.

    Inilah Penyebab Air Radiator Mobil Berkurang

    Apabila air radiator pada mobil Anda berkurang secara tiba-tiba, ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab. Berikut ini beberapa di antaranya:

    • Terdapat Kebocoran di Sistem Pendingin

    Kebocoran pada sistem pendingin dapat menyebabkan air radiator berkurang secara tiba-tiba. Hal ini dapat terjadi karena bagian-bagian sistem pendingin yang aus, rusak atau sobek, seperti selang, klem, atau bahkan pada bagian dasar radiator itu sendiri. 

    Kebocoran yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan mesin menjadi panas dan mengakibatkan kerusakan yang lebih serius. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah melalui servis secara berkala.

    • Tutup Radiator Rusak

    Penyebab selanjutnya adalah kerusakan pada tutup radiator yang bisa terjadi karena tekanannya sudah melemah. Biasanya, kerusakan ini terjadi pada komponen karet di bagian tutup radiator, sehingga air radiatornya menjadi lebih cepat habis.

    Jika komponen ini melemah atau rusak, maka air akan lebih cepat mengalir ke tabung cadangan meskipun pressure valve belum terbuka. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengganti karet penutup yang baru.

    • Selang Air Radiator Rusak

    Penyebab lainnya adalah komponen selang air radiator yang terpasang kurang rapat atau renggang, sehingga air menjadi mudah keluar. Hal ini juga bisa terjadi karena masalah pada bagian selang air radiator yang rusak atau bocor.

    Jika terjadi kebocoran dan cairan pendingin keluar dari sistem, maka mobil akan lebih cepat panas atau mengalami overheating. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa kondisi bagian selang secara berkala untuk memastikan tidak ada kebocoran.

    • Sirip Radiator Bocor

    Sirip radiator atau kisi-kisi adalah komponen berbentuk kotak atau persegi panjang yang berfungsi melepaskan panas mesin ke udara melalui air. Jika komponen ini mengalami kebocoran, maka air radiator mobil akan berkurang lebih cepat.