Berita

    Featured Image

    Ketahui, Fungsi Fuel Pressure Regulator & Cara Kerjanya

    Fuel Pressure Regulator pada mobil Anda memiliki kegunaan untuk mengatur tekanan bahan bakar pada sistem injeksi yang didukung oleh sistem Electronic Fuel Injection atau EFI. 

    Ia tak mempertahankan agar pressure yang didapat selalu tetap atau stabil, melainkan bergantung kepada pressure intake manifold atau yang disebut juga dengan injeksi bahan bakar. 

    Dengan absennya sistem satu ini maka kendaraan seperti Toyota, Yaris dan Vios akan kesulitan untuk dinyalakan. Simak pembahasannya di bawah ini!

    Apa Saja Fungsi Fuel Pressure Regulator?

    Komponen ini disingkat sebagai FPR, terdapat di komponen sistem bahan bakar khusus bagi mobil yang dilengkapi sistem EFI. Ia akan mengontrol agar pressure bahan bakar di pipa pengantar jadi konstan. Selengkapnya, beginilah Fuel Pressure Regulator berfungsi.

    • Mengontrol Pressure Bahan Bakar

    Ketika tekanan pada intake manifold meningkat, maka tekanan di rail fuel juga alami kenaikan yang kemudian diatur oleh pressure regulator. Diaturnya agar menjadi sesuai kondisi, dapat dikatakan konstan jika sesuai pada kebutuhannya.

    • Support Fungsi Fuel Injector

    FPR juga memiliki fungsi agar membuat pressure pada bahan bakar mencukupi bagi kinerja fuel injector di kendaraan Anda. Jika tidak ada FPR, maka bahan bakar tidak akan terdistribusi ke sistem kendaraan dan tak mencapai fuel injector dengan sesuai. FPR mampu untuk mengatur agar pressure bahan bakar tetap konsisten mencapai fuel injector, laju alirannya ini akan disesuaikan mengarah ke fuel injector.

    • Mempertahankan Kestabilan Bahan Bakar

    Fungsi lainnya dari FPR, ialah kemampuan untuk mempertahankan pasokan bahan bakar agar senantiasa stabil. Ketika permintaan akan bahan bakar mengalami perubahan, FPR lah yang mengalirkan agar terpenuhi sesuai dengan kebutuhan mesin.

    • Menjaga Uap atau Kabut Bahan Bakar

    Bahan bakar harus dikeluarkan dalam bentuk uap atau kabut agar tidak terjadi pemborosan pada mesin kendaraan. Selain itu juga akan membuat mesin jadi susah dinyalakan. Fuel Pressure Regulator berfungsi menjaga agar proses pembakaran dalam ruang pembakaran berjalan dengan maksimal. 

    Mengintip Cara Kerja Komponen Satu Ini 

    Berikut ini cara kerja pressure regulator bahan bakar pada kendaraan Anda.

    • Kondisi Mesin Langsam

    Di kondisi mesin langsam atau idling, fuel injector akan menyemprotkan bahan bakar dengan lebih sedikit ke mesin kendaraan. Sehingga tekanan di komponen selang delivery jadi besar. FPR bertugas menyeimbangkannya sehingga bahan bakar bisa kembali mengalir ke tangki dengans elang return. Maka, selang delivery jadi lebih seimbang.

    • Kondisi Mesin Beban Penuh