Berita

    Featured Image

    Ketahui Ciri Ciri Koil Lemah pada Mobil & Solusinya

    Sebagai seorang pemilik mobil, mengetahui ciri ciri koil lemah pada mobil merupakan sebuah hal yang wajib. Pasalnya, seiring berjalannya waktu komponen ini dapat melemah dan membutuhkan perbaikan dengan segera. 

    Apabila koil mengalami masalah, tentunya bisa mempengaruhi performa kendaraan. Karena itu, sangat penting untuk mengetahui apa saja ciri-ciri koil mulai mengalami penurunan fungsi atau melemah. Berikut informasi selengkapnya!

    Fungsi Koil 

    Koil merupakan sebuah komponen sistem pengapian mobil yang bisa menghasilkan sebuah arus listrik dengan tegangan tinggi, yaitu mulai dari 20.000 sampai 30.000 volt. Selanjutnya, busi akan mengonversi tegangan tersebut menjadi percikan api dalam ruang bakar. 

    Ciri Ciri Koil Lemah pada Mobil

    Sebetulnya, koil yang sudah lemah pada mobil bisa kita kenali dengan mudah. Anda bisa memperhatikan beberapa ciri berikut. 

    • Busi Menghasilkan Percikan Api yang Kecil

    Ciri ciri koil lemah pada mobil yang pertama yaitu busi menghasilkan percikan api yang kecil. Dalam kondisi koil yang normal, busi akan menghasilkan api berwarna biru dan tampak besar. 

    Sementara itu, saat koil bermasalah maka api yang dihasilkan akan berwarna keemasan, tampak lemah dan kecil. Meskipun Anda telah mengganti busi, jika api yang dihasilkan masih belum maksimal, ada kemungkinan koil yang mengalami masalah.

    • Koil Overheat

    Perlu diketahui bahwa koil diciptakan dari bahan yang tahan panas. Apabila Anda merasa koil panas pada saat diraba, kemungkinan karena ada bagian koil yang mulai melemah.

    Umumnya, hal ini terjadi karena koil mulai usang dimakan waktu. Jika dibiarkan, maka tegangan yang disalurkan tidak akan optimal dan membuat kinerja koil jadi kurang maksimal.  

    • Muncul Percikan Api pada Koil

    Jika Anda melihat percikan api pada koil, maka sudah pasti koil mobil mulai melemah. Munculnya percikan api ini terjadi akibat terkelupasnya lapisan pada koil. Hal ini menyebabkan suhu panas meningkat hingga muncul percikan api.

    • Mesin Mobil Sulit Menyala

    Mesin mobil susah menyala karena koil mengalami overheat. Tentunya ini merupakan ciri bahwa koil mengalami kerusakan. Aliran listrik menjadi terhambat dan tidak mampu menghasilkan percikan api di bagian busi.

    • Starter Mobil yang Memakan Waktu