Berita

    Featured Image

    Ketahui Cara Merawat Ban Mobil saat Musim Hujan Tiba

    Saat musim hujan tiba, kita harus lebih hati-hati saat berkendara. Jarak pandang yang terbatas, juga lingkar kemudi yang semakin sulit dikendalikan karena adanya genangan air, menjadi beberapa faktor yang membuat kita harus lebih waspada.

    Seperti halnya ban mobil yang menjadi salah satu komponen yang wajib diperhatikan saat memasuki musim hujan. Ban merupakan salah satu komponen penting pada mobil, karena bagian ini bersentuhan dengan permukaan jalan. Ban mobil memiliki fungsi yang sangat penting, seperti menopang berat mobil, menghentikan mobil, serta mengendalikan arah mobil di jalan. Oleh sebab itu, kondisi ban harus diperhatikan secara berkala, apalagi ketika sudah memasuki musim hujan. 

    Lalu, bagaimana cara merawat ban mobil di musim hujan agar tidak cepat haus dan licin? Agar tidak tergelincir saat berkendara, simak beberapa perawatan ban yang harus dilakukan berikut:

            1. Selalu Cek Tekanan Udara

    Mengecek tekanan udara ban secara rutin menjadi prioritas utama yang wajib dilakukan. Daya cengkeram yang pas akan membuat ban mobil dapat menjalankan tugasnya dengan baik, di jalan yang licin maupun tergenang air saat hujan. Tekanan udara ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan akan memastikan telapak ban mobil memperoleh grip atau menapak aspal dengan optimal ketika sedang hujan.

            2. Rotasi Ban Mobil

    Rotasi membuat seluruh ban dapat merasakan tugas yang sama, sehingga membuat tingkat keausan ban pun kita merata. Anda bisa melakukan rotasi ban dengan mudah saat servis berkala setiap enam bulan sekali.

            3. Waspada Pelek Mobil

    Jika terdeteksi masalah seperti bibir pelek pecah, maka ban mobil bisa mendapatkan tekanan yang sangat berat dan berpotensi rusak. Pelek yang rusak akan membuat keseimbangan ban berubah dan bisa membahayakan keselamatan berkendara.

            4. Inspeksi Dinding Ban

    Ban mobil yang dindingnya rusak harus segera diganti dengan yang baru. Biasanya, ban mobil benjol akibat tekanan udara yang kurang, kemudian menabrak benda keras seperti batu maupun trotoar, akan membuat dinding ban dan benang di samping ban putus.

            5. Spooring dan Balancing

    Spooring bertujuan untuk mengembalikan sudut geometri seluruh ban agar sesuai dengan bentuk pabrikan, sementara balancing berfungsi untuk menyeimbangkan keempat roda sehingga bekerja dengan baik, tanpa mengurangi kenyamanan berkendara. Anda bisa melakukan spooring maupun balancing di bengkel-bengkel resmi terdekat.