Berita

    Featured Image

    Ketahui Cara Menghemat BBM Pada Mobil!

    Setiap pengguna kendaraan bermotor tentu ingin menghemat BBM. Solusi termudah adalah mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dalam aktivitas sehari-hari. Namun seringkali Anda tetap membutuhkan mobil untuk beberapa keperluan. 

    Misalnya saat pergi bersama keluarga, mengantarkan kerabat, membawa barang dan lain sebagainya. Anda akan lebih memilih mengendarai mobil pribadi agar lebih nyaman dan praktis. 

    Cara Tepat Menghemat BBM Mobil

    Orang-orang akan mempertimbangkan mobil dengan spesifikasi atau teknologi yang mampu membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien. Supaya bisa lebih hemat BBM.

    Namun di samping itu, ada hal yang perlu Anda perhatikan untuk membuat mobil lebih irit BBM. Caranya yaitu dengan menerapkan gaya berkendara yang baik. 

    Serta melakukan perawatan mobil yang tepat agar kinerja mesin mobil tetap optimal. Berikut ini beberapa cara menghemat BBM yang bisa Anda lakukan pada mobil:

    • Menjaga Kecepatan Tetap Konstan

    Ketika mengemudi sebaiknya jaga kecepatan tetap konstan. Laju kendaraan yang terlalu cepat akan membuat konsumsi bahan bakar lebih boros. Cukup jaga kecepatan mobil di 60-80 km/jam. 

    • Menjaga Putaran Mesin 

    Selain kecepatan mobil, perhatikan juga putaran mesin. Anda perlu menjaga mesin dalam putaran rendah. Lihat parameternya pada speedometer. 

    Jika mesin mobil bekerja dengan putaran tinggi misalnya di atas 2.000 rpm, mesin akan menyedot lebih banyak BBM. Maka jaga putaran mesin untuk menghemat BBM. 

    • Memindahkan Transmisi dengan Tepat

    Perpindahan transmisi membantu pengemudi mengatur kecepatan mobil. Bila Anda melakukan perpindahan kecepatan sesuai kebutuhan, penggunaan BBM akan lebih efisien. 

    Kecepatan terlalu rendah ataupun terlalu kencang memakan banyak bahan bakar. Jadi, lakukan perpindahan gigi dengan tepat. Misalnya saat melewati jalan menanjak atur persneling di 1 atau 2 untuk mobil manual.

    Sedangkan untuk mobil transmisi otomatis posisikan pada S atau L, ketika melalui jalanan menanjak atau berbukit. Kebiasaan terlambat memindahkan persneling akan membuat putaran mesin tinggi dan akhirnya lebih boros BBM.

    • Hindari Pengereman Mendadak

    Hindari menginjak pedal rem secara mendadak. Begitu juga saat menginjak pedal gas. Ketika ingin menambah atau mengurangi kecepatan, lakukan secara bertahap. Sebab hal tersebut bisa mempengaruhi suplai BBM jadi lebih banyak. 

    • Pakai BBM yang Sesuai