Berita

    Featured Image

    Kenali Jenis Aki Mobil & Tips Memilih Aki Yang Tepat

    Aki merupakan komponen kelistrikan yang wajib ada pada sebuah mobi, karena mobil tidak akan dapat berjalan jika tidak dilengkapi dengan aki di dalamnya. Aki menyimpan energi listrik yang kemudian didistribusikan menuju komponen-komponen kelistrikan yang ada di dalam mobil. 

    Jenis aki mobil dibagi ke dalam lima kategori, yaitu ada aki basah, aki kering, aki kalsium, aki hybrid, dan aki gel. Apa saja perbedaan dari kelima jenis aki tersebut? Mari bahas bersama di penjelasan berikut ini, ya.

    5 Jenis Aki Mobil

    Terdapat lima jenis aki yang biasa dipakai oleh para pengendara mobil. Di bawah ini adalah daftarnya. 

            1. Aki Basah

    Jenis aki pertama adalah aki basah yang paling banyak ditemui pada banyak macam mobil. Aki basah memiliki cairan elektrolit bernama asam sulfat, yang mana fungsinya adalah untuk merendam sel yang ada di dalam aki. 

    Larutan tersebut memiliki kandungan timah antimony untuk menguatkan kandungan timbal di dalamnya. Namun, timah antimony tersebut membuat aki mudah menguap. Pada akhirnya, air aki menjadi lebih cepat habis.  

    Itulah mengapa, jika mobil Anda memakai aki jenis ini harus diservis dengan rutin paling tidak satu kali setiap bulannya. Selain untuk isi ulang aki, Anda juga jadi tahu kualitas kendaraan Anda selama pemakaian. 

            2. Aki Kering 

    Anda dapat memilih aki kering apabila tidak bisa melakukan pemeliharaan aki setiap satu bulan sekali. Sebab aki kering berbeda dengan aki basah yang cepat menguap dan cepat habis. 

    Dalam aki kering memiliki kandungan timah kalsium dengan bentuk mirip gel yang membuat aki kering tidak mudah menguap. 

    Aki kering tidak memiliki lubang pengisian seperti yang terdapat dalam aki basah. Kandungan dalam aki kering pun sudah diatur oleh produsen atau pabrik sebagai yang memproduksi aki. Maka dari itu, kamu tidak harus repot-repot isi ulang ke servis setiap satu bulan sekali. 

    Namun, terdapat usia pakai pada aki kering. Biasanya aki kering dapat bertahan selama satu sampai dua tahun. Cukup awet, ya. 

            3. Aki Hybrid

    Jenis aki yang satu ini dikhususkan untuk mobil dengan mesin hybrid

    Di dalam aki ini, aki basah, aki kering, dan aki kalsium dikombinasikan. Kelebihan dari kombinasi tersebut adalah aki mobil menjadi lebih awet dan tidak gampang menguap.