Berita

    Featured Image

    Kenali, Ground Clearance Pada Mobil dan Fungsinya

    Bagi Anda yang masih asing dengan ground clearance, istilah ini memiliki arti jarak terendah kendaraan dengan permukaan jalan atau aspal. Titik terendah di sini bukanlah ban mobil atau pijakan kaki (footstep), tapi komponen lain yang ada di kolong mobil. 

    Biasanya komponen yang dijadikan titik terendah untuk mengukur jarak aman dengan tanah adalah knalpot. Ketika membeli mobil, Anda harus mengetahui berapa tinggi area kolong mobil. Karena setiap jenis mobil memiliki ukuran standar yang berbeda-beda. 

    Fungsi Ground Clearance 

    Area kolong mobil terlihat seperti hal yang sepele. Padahal ketinggiannya bisa mempengaruhi performa mobil dan kenyamanan Anda saat berkendara. 

    Kolong mobil tidak boleh terlalu rendah tapi tidak boleh terlalu tinggi juga. Berikut ini penjelasan fungsi ukuran kolong mobil yang sesuai: 

    • Menghindari Benturan 

    Kolong mobil yang standar akan menjaga mobil dari benturan karena medan jalan yang tidak rata. Mobil yang terlalu rendah bahkan ceper, bisa membuat bagian bawah mobil berbenturan atau bergesekan dengan permukaan jalan. 

    Benturan paling terasa ketika mobil harus melewati polisi tidur dan jalanan berlubang. Karena itulah saat Anda berencana memodifikasi mobil, ketinggian kolong mobil harus benar-benar diperhatikan. 

    Jika dibiarkan terlalu rendah komponen mobil akan mudah rusak. Serta mengganggu kenyamanan saat mengemudi. 

    • Menghindari Air Masuk ke Komponen Mobil

    Ground clearance yang sesuai standar juga dapat mencegah air masuk ke bagian-bagian mobil yang terendah. Seperti knalpot, filter udara, sampai komponen mesin mobil. 

    Hal ini penting diperhatikan terutama bagi pemilik kendaraan yang sering melewati jalanan dengan genangan air tinggi. Atau wilayahnya sering mengalami banjir. Bila air berhasil masuk ke dalam komponen mobil bisa menimbulkan water hammer. 

    Kolong mobil harus dibuat cukup tinggi, agar air tidak sampai masuk ke dalam komponen kendaraan. Kerusakan mobil akibat air yang masuk ke mesin,  menghabiskan biaya yang cukup besar untuk perbaikannya. 

    • Mempengaruhi Suspensi 

    Selain menghindari benturan dan air masuk ke dalam mesin, kolong mobil juga berfungsi menjaga kendaraan tetap berjalan dengan stabil.

    Kolong mobil yang tidak sesuai akan mempengaruhi sistem suspensi. Yaitu cara mobil menyerap getaran ketika mobil sedang melaju. Sistem suspensi ini dibuat untuk menjaga kenyamanan pengemudi dan penumpang saat mobil berjalan.