Berita

    Featured Image

    Kenali Fungsi & Ciri Kerusakan Pada Fuel Pump Mobil

    Fuel pump merupakan istilah lain dari pompa bensin yaitu salah satu komponen pada kendaraan yang berguna untuk memompa bahan bakar dari tangki yang kemudian disalurkan ke mesin. Komponen satu ini sangatlah penting karena bisa mempengaruhi kinerja mesin kendaraan, dalam hal ini mobil. 

    Apabila fuel pump mobil bermasalah, secara otomatis mesin mobil akan mati total dan tentunya akan mempengaruhi mobilitas Anda sehari-hari. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui lebih detail mengenai fungsi dan ciri kerusakannya yang dapat terjadi kapan saja.

    Fungsi Utama Fuel Pump Mobil

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fuel pump merupakan komponen penting yang secara umum berfungsi untuk memompa bahan bakar yang terdapat di tangki. Agar dapat menuju mesin untuk selanjutnya menuju ruang pembakaran dan menghasilkan energi untuk menggerakkan kendaraan. 

    Sekalipun komponen ini mempunyai kegunaan yang sama pada setiap jenis kendaraan, namun untuk proses pengaliran bahan bakarnya pada setiap jenis kendaraan tentunya berbeda-beda. 

    Untuk kendaraan yang memakai mesin karburator, bahan bakar akan mengalir dari tangki menuju karburator. Sedangkan untuk kendaraan jenis injeksi, bahan bakarnya akan mengalir dari  tangki ke injektor. 

    4 Tanda Fuel Pump Bermasalah

    Untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada fuel pump memang bukanlah hal yang mudah, ini karena fuel pump tidak terhubung langsung pada indikator check engine. Namun tetap saja Anda perlu mengetahui ciri atau tanda-tanda yang terjadi, yaitu sebagai berikut:

            1. Mesin Mobil Kesulitan untuk Menyala

    Ciri pertama yang menandakan adanya kerusakan pada fuel pump adalah mesin mobil yang sulit untuk menyala apabila Anda memakirkannya terlalu lama. 

    Hal tersebut disebabkan oleh bahan bakar yang tidak tersedia di jalur bahan bakar seperti seharusnya karena fuel pump mobil tidak maksimal dalam memompa bahan bakar.

            2. Mesin Mobil Bising

    Apabila saat mesin mobil dinyalakan dan berbunyi sangat bising, hal tersebut dapat diindikasikan sebagai akibat dari fuel pump yang bermasalah. Suara yang keluar akan terdengar tidak normal.

    Hal semacam ini biasanya terjadi karena adanya penumpukan kotoran pada saluran fuel pump. Sehingga tidak dapat bekerja dengan maksimal dan tidak dapat menyalurkan bahan bakar ke mesin mobil.

            3. Menghasilkan Bau Bahan Bakar yang Menyengat