Berita

    Featured Image

    Ini Dia Alasan Harus Mematikan Lampu Kabin Mobil Dimalam Hari

    Mengemudi mobil saat malam hari mungkin sudah menjadi rutinitas setiap hari setelah pulang beraktivitas. Beberapa komponen seperti lampu kabin mobil disarankan untuk tidak digunakan saat malam hari agar menyetir dengan aman.

    Mungkin Anda masih bingung mengapa mematikan lampu pada kabin mobil saat malam hari perlu dilakukan? Ternyata, ada beberapa faktor alasan yang mewajibkan untuk mematikan lampu ini saat berkendara.

    Alasan Lampu Kabin Mobil Harus Dimatikan Saat Malam Hari

    Menyalakan lampu kabin saat mengemudi mobil merupakan tindakan yang dapat mengganggu aktivitas mobilisasi saat malam hari. Hal ini bisa saja beresiko terhadap kecelakaan fatal.

    Alasan lampu kabin mati harus mati saat mengemudi juga memperhatikan faktor keamanan dalam berkendara. Apa saja itu? Berikut simak alasan mengapa Anda harus mematikan lampu kabin mobil dimalam hari.

            1. Konsentrasi Pengendara Lain Terganggu

    Saat berkendara, pengemudi sebaiknya harus fokus menyetir dan memperhatikan petunjuk rambu-rambu lalu lintas di jalan raya. Oleh sebab itu, tidak boleh ada suatu hal yang bisa mengganggu pandangan atau menghilangkan konsentrasinya.

    Lampu kabin yang menyala pada malam hari akan mengganggu konsentrasi pengemudi lain di sekitar Anda. Itu sebabnya, Anda dilarang menyalakan lampu kabin pada malam hari. Karena hal ini bisa membahaya pengendara lain saat mengemudi di jalan yang gelap.

            2. Menyesuaikan Penglihatan saat Waktu Malam

    Pupil mata manusia akan berubah sesuai intensitas cahaya yang diterima setiap waktunya. Jika menyalakan lampu mobil pada malam, maka pupil akan mengecil sehingga jumlah cahaya yang masuk ke mata menjadi lebih sedikit.

    Hal ini bisa menyebabkan kemampuan penglihatan pada malam hari menjadi terganggu. Untuk menjaga keselamatan nyawa pengemudi, maka disarankan untuk mematikan lampu kabin mobil dimalam hari saat dalam perjalanan.

            3. Menjaga Privasi Mobil

    Saat malam hari, sebaiknya Anda perlu berhati-hati agar terhindar dari ancaman tindakan kriminal seperti penjahat, begal, dan pencurian. Caranya adalah selalu menjaga privasi dengan mematikan lampu pada mobil.

    Mobil dalam keadaan menyala memungkinkan orang lain mengetahui kondisi di dalam kendaraan sehingga menimbulkan dorongan untuk melakukan aksi pembegalan. Maka dari itu, pastikan Anda selalu mematikan lampu mobil meski sedang mengemudi di malam hari.