Berita

    Featured Image

    Mulai Kusam! Ini Ciri-ciri Kaca Film Mobil Perlu Diganti

    Kaca film mobil yang gelap memiliki fungsi penting untuk menjaga privasi penumpang di dalam mobil. Selain itu, kaca film juga memiliki fungsi penting lain untuk mengurangi suhu panas dan silau cahaya matahari yang masuk ke mobil.

    Adanya kaca film ini membuat kabin menjadi lebih sejuk dan berkendara menjadi lebih nyaman dan aman. Sama seperti komponen mobil lainnya, kaca ini juga memiliki batas masa penggunaan dan perlu diganti secara berkala.

    Ciri-ciri Kaca Film Mobil Perlu Diganti

    Umumnya kaca film perlu diganti setiap 3 sampai 5 tahun sekali. Namun ada beberapa kondisi yang bisa mengharuskan Anda mengganti kaca film kendaraan Anda lebih cepat. Berikut tanda kaca film perlu diganti:

    • Warna Kaca Film Berubah

    Biasanya kaca film ketika masih baru cenderung berwarna hitam. Apabila Anda mendapati warna kaca mobil berubah menjadi kusam, memudar, berwarna biru atau ungu maka Anda perlu segera mengganti kaca film kendaraan Anda.

    Hal tersebut dikarenakan daya tahan kaca tersebut sudah menurun dan tidak dapat melindungi kabin mobil dari panas matahari secara maksimal. 

    • Kabin Terasa Panas

    Kaca film memiliki fungsi untuk mengurangi dan menghalau sinar matahari masuk ke dalam mobil sehingga kabin mobil tidak terasa panas atau membuat penumpang merasa gerah.

    Apabila udara di dalam kabin mobil sudah terasa lebih panas dari biasanya maka bisa menjadi tanda jika performa kaca film sudah menurun. Agar udara dalam kabin kembali sejuk maka Anda perlu mengganti kaca film yang lama dengan yang baru. 

    • Permukaan Kaca Bergelembung

    Tanda lapisan kaca perlu diganti berikutnya yaitu apabila permukaan atau lapisan kaca sudah mulai bergelembung. 

    Permukaan kaca yang bergelembung menandakan jika daya rekat lem pada kaca sudah menurun dan perlu segera diganti dengan yang baru sebelum lapisan mengelupas.

    • Adanya Goresan pada Permukaan Kaca

    Selain ketika permukaan kaca bergelembung, Anda juga perlu mengganti kaca film ketika mendapati banyak goresan atau retakan pada lapisan kaca. 

    ada goresan di kaca

    Goresan tersebut terjadi karena kualitas lapisan kaca sudah memburuk dan apabila terus dibiarkan dapat mengganggu visibilitas Anda ketika mengemudi. 

    • Terganggunya Jarak Pandang 

    Tanda kaca film perlu diganti terakhir yaitu apabila visibilitas atau jarak pandang Anda terganggu. Misalnya Anda tidak dapat melihat lampu kendaraan di luar dengan jelas atau tidak dapat mengemudi dengan baik karena silau matahari.

    Pada keadaan normal seharusnya Anda tidak terganggu sinar matahari. Namun ketika lapisan kaca sudah tipis maka cahaya matahari dapat mengganggu visibilitas Anda. 

    Kondisi tersebut jika tidak segera diatasi dapat berisiko mengganggu perjalanan atau menyebabkan terjadinya kecelakaan. 

    Tips Merawat Kaca Film Mobil

    Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar kaca film lebih awet. Pertama, parkir di tempat yang teduh. Paparan panas matahari dalam waktu lama bisa menyebabkan warna lapisan kaca lebih cepat pudar atau luntur. 

    Kedua, rutin bersihkan kaca mobil Anda. Kotoran, debu dan air hujan bisa menyebabkan munculnya goresan pada kaca. Jangan lupa untuk membersihkan permukaan kaca dengan kain yang lembut dan bersih. 

    Hindari membersihkan kaca dengan kain yang kotor atau kasar karena berisiko menggores lapisan kaca.