Berita

    Featured Image

    Persneling Mobil Keras? Ini Cara Mengatasinya

    Sedang mengalami persneling mobil keras? Tenang, Anda tidak perlu panik! Sebab ada cara mudah bagaimana untuk mengatasi masalah kendaraan ini.

    Sebagai informasi, persneling keras biasa ditemukan pada kendaraan manual yang berfungsi untuk mengendalikan kopling. Tentunya, masalah ini bisa Anda ketahui penyebab umumnya serta cara mengatasinya dengan tepat.

    Penyebab Persneling Mobil Keras

    Komponen mobil seperti persneling yang bermasalah tentu tidak tiba-tiba datang begitu saja. Ada beberapa penyebab yang bisa terjadi sehingga membuat persneling pada mobil terasa sangat keras. Apa saja itu?

    • Masalah pada Kabel Kopling

    Pada beberapa kasus persneling terasa keras, umumnya terjadi pada penggunaan mobil tua. Pada tipe mobil lama, biasanya kopling masing menggunakan model kabel sehingga mengalami aus.

    Faktor pemakaiannya juga bisa menyebabkan kabel kopling terkena debu atau air ketika hujan maupun saat mencuci mobil. Hal inilah yang menyebabkan kabel menjadi aus dan berkarat.

    • Oli Transmisi

    Penyebab lain yang bisa membuat persneling mobil terasa keras adalah jarang mengganti oli transmisi. Mengingat komponen ini memiliki jangka waktu sehingga perlu dilakukan penggantian secara berkala.

    Oli transmisi yang jarang diganti akan menyebabkan kotor sehingga membuat penggunaan kopling menjadi terhambat. Hal ini dapat dirasakan yang mana perpindahan gigi pada kopling mobil menjadi lebih keras.

    Cara Mengatasi Persneling Mobil Keras

    Cara Mengatasi Persneling Mobil KerasFreepik.com

    Jika Anda mendapati masalah demikian, tentu harus mengetahui bagaimana cara mengatasi persneling yang keras. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan berdasarkan penyebabnya.

    • Mengganti Oli secara Berkala

    Jika masalah persneling ditemukan akibat kualitas oli yang buruk, maka segera lakukan penggantian oli pada mesin mobil Anda. Misalnya mengganti oli transmisi atau oli gardan setiap 10.000 - 20.000 km sekali.

    Penggantian oli sangat penting dilakukan agar pelumasan pada komponen dalam transmisi dapat terjaga. Bagi pengguna mobil matic, mengganti oli juga sangat penting agar transmisinya tetap optimal.

    • Mengecek Kampas Kopling

    Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa transmisi dan melihat setiap komponen di dalamnya. Jika kampas kopling sudah aus, maka ini perlu diganti komponennya dengan yang baru.

    Sebab, kondisi kampas kopling yang aus dapat menyebabkan mobil terasa lebih bergetar ketika dikemudikan. Tentu hal ini membuat pengemudi merasa tidak nyaman saat mengoperasikan koplingnya.

    • Mengatur Gigi yang Pas

    Untuk mencegah masalah persneling keras pada mobil Anda, perhatikan juga ketika hendak mengganti gigi saat mengemudi. Sayangilah kendaraan Anda dengan mengganti gigi di waktu yang tepat.

    Perpindahan gigi yang tidak sesuai tentu bisa menyebabkan kerusakan pada mesin transmisi dan kopling. Hal ini yang akan memperparah persneling terasa keras dan membuat kopling mobil sulit dikendalikan.

    • Merawat Transmisi Mobil

    Perawatan transmisi juga sangat mempengaruhi terhadap keawetan mesin mobil dalam jangka panjang. Maka dari itu penting untuk selalu melakukan pengecekan oli dan transmisi secara berkala.

    Lakukan juga pengecekan pada bagian pelat kopling dan matahari dalam merawat persneling mobil. Dalam mengoperasikan mobilnya, disarankan untuk mengganti gigi tidak lebih dari 3.000 rpm.

    Itu dia pembahasan terkait bagaimana cara mengatasi kondisi persneling mobil keras yang perlu Anda pahami. Dengan memahami penyebab utamanya, maka akan lebih mudah dalam mengatasi masalah tersebut.