Berita

    Featured Image

    Mengenal Fitur Engine Start-stop dan Manfaatnya

    Bagi Anda yang baru beralih pada mobil modern, teknologi start-stop tentunya adalah hal yang menarik untuk diketahui. Teknologi ini memudahkan pengemudi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mesin mobil tanpa perlu bantuan kunci kontak seperti dulu.

    Dulu, untuk menjalankan mobil kunci adalah benda esensial untuk memulai perjalanan. Tapi dengan adanya teknologi yang maju, mobil modern sudah dilengkapi dengan fitur keyless

    Teknologi ini membuat proses menyalakan dan mematikan mesin mobil menjadi semakin praktis dan cepat.

    Sekilas tentang Teknologi Start-stop pada Mobil

    Fitur ini merupakan sebuah terobosan gemilang dalam industri otomotif yang menghilangkan kebutuhan kunci konvensional. Hanya satu ketukan pada tombol start/stop di dashboard, Anda dapat memulai atau mengakhiri perjalanan Anda.

    Sebagian besar mobil dengan sistem pengapian tanpa kunci, atau istilah lainnya keyless ignition system, dilengkapi dengan kunci elektronik, sering disebut sebagai kunci FOB.

    Perangkat kecil ini mengkomunikasikan sinyal frekuensi rendah ke komputer onboard mobil, yang nantinya berinteraksi dengan fitur start-stop engine untuk mengaktifkan mesin. 

    Untuk mengoperasikan fitur ini dengan mulus, pastikan kunci FOB berada di dalam jangkauan mobil.

    Start-stop engine mulai populer pada dekade 1990-an dan awal 2000-an. Awalnya ini merupakan sebuah kemewahan yang hanya tersedia untuk kendaraan premium. Namun, sekarang, banyak mobil modern yang mengadopsi teknologi canggih ini termasuk mobil-mobil suzuki yang bisa Anda temukan saat ini. 

    Manfaat yang Didapat pada Mobil dengan Teknologi Start-stop Engine

    Fitur ini bukan hanya memberikan nilai plus dalam segi kenyamanan, tetapi juga berkontribusi signifikan dalam aspek keamanan saat berkendara. Tombol di fitur ini memfasilitasi proses menghidupkan dan mematikan mesin dengan lebih praktis.

    Lebih jauh lagi, teknologi ini menawarkan keamanan ekstra berlapis, mengurangi risiko pencurian mobil, dan memberikan ketenangan pikiran bagi pemilik kendaraan. Lantas, apa saja manfaat lain dari teknologi ini?

    Efisiensi Waktu

    Mobil yang dilengkapi dengan teknologi start-stop menawarkan kepraktisan yang bermanfaat, yaitu menghilangkan kebutuhan akan kunci fisik untuk menghidupkan mesin. 

    Keunggulan ini memudahkan akses ke kendaraan, menghemat waktu, dan pengalaman berkendara jadi lebih lancar.

    Poin plus lainnya, adanya kunci pintar atau smart key yang memungkinkan Anda untuk membuka pintu secara otomatis tanpa harus menggunakan kunci. Dengan begitu, perjalanan Anda menjadi lebih efisien dan menyenangkan.

    Terlindungi dari Risiko Pembobolan

    Mobil modern yang dilengkapi dengan start-stop menawarkan lapisan keamanan yang lebih canggih ketimbang mobil dengan kunci konvensional.

    Freepik

    Pintu pada mobil terbaru ini dilengkapi dengan security system yang memerlukan kode spesifik. Sistem ini sangat kompleks dan sulit untuk direplika.  

    Sebaliknya, mobil dengan sistem kunci konvensional cenderung lebih rentan karena kuncinya lebih mudah untuk diduplikasi.

    Aspek Kenyamanan Lebih Meningkat

    Salah satu manfaat dari mobil dengan teknologi canggih ini adalah kenyamanan yang ditawarkannya kepada pengguna.

    Sistem smart key yang menjadi pendamping dari teknologi ini, bukan hanya berfungsi sebagai alat keamanan, tetapi juga bermanfaat meningkatkan pengalaman berkendara, memastikan setiap perjalanan Anda berlangsung lancar dan menyenangkan.

    Hal ini disebabkan karena adanya fitur-fitur canggih yang disematkan dalam sistemnya.

    Jadi, bisa dipahami bahwa teknologi start-stop yang disematkan pada mobil keluaran terbaru ini memberikan banyak manfaat dan perannya menjadi sangat penting. Kecanggihan teknologi ini sudah disematkan pada mobil-mobil keluaran terbaru dari dirilis Suzuki.