Berita

    Featured Image

    Ciri-ciri Knalpot Mobil Anda Mulai Rusak

    Jangan dibiarkan dalam waktu lama, kenali ciri-ciri knalpot mobil mulai rusak pada kendaraan Anda. Hal ini perlu dilakukan akan tidak menimbulkan masalah yang lebih fatal di waktu mendatang.

    Ya, di beberapa situasi knalpot bisa saja mengalami kerusakan sehingga mengurangi kinerja mesin kendaraan secara optimal. Untuk mendeteksi sedari dini, ada cara ampuh untuk mengenali tanda knalpot mobil yang mulai rusak.

    6 Ciri-ciri Knalpot Mobil Anda Mulai Rusak

    ciri-ciri knalpot rusak

    Jika Anda menemukan beberapa tanda ini, bisa saja hal tersebut menunjukkan knalpot mobil bermasalah. Apa saja itu?

    • Suara Tidak Normal

    Secara umum, knalpot mobil memiliki suara yang halus dan sedikit ngebass ketika mesin dihidupkan. Begitupun saat mobil di perjalanan, knalpot cenderung menghasilkan suara yang lembut sehingga tidak mengganggu pengendara lainnya.

    Sedangkan knalpot yang rusak bisa dikenali dengan tanda suara yang terdengar tidak wajar misalnya terdapat suara gemeretak, berderak, atau dentingan ketika mesin berjalan. Perubahan drastis suara knalpot ini bisa menjadi tanda komponen tersebut sedang bermasalah.

    • Bau Asap yang Aneh

    Saat mesin mobil dihidupkan, knalpot akan mengeluarkan asap untuk membuang gas yang dihasilkan dari uap air. Aromanya ini mudah dikenali tetapi tidak terlihat di dalam kabin sehingga kondisi ini bisa dikatakan normal.

    Namun apabila knalpot rusak, biasanya akan mengeluarkan bau asap yang aneh seperti bau busuk atau bau kimia. Bahkan aroma tidak sedap ini bisa saja terhirup hingga ke dalam kabin.

    • Bahan Bakar Boros

    Ciri-ciri knalpot mobil mulai rusak selanjutnya adalah penggunaan bahan bakar yang menjadi lebih boros. Tanda ini bisa Anda kenali dimana bensin akan mudah cepat habis dari biasanya. 

    Hal ini wajar bila terjadi karena menunjukkan kebocoran pada knalpot sehingga membuat mesin tidak dapat bekerja sempurna. Jika mengalami tanda seperti ini, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke bengkel resmi dan terpercaya.

    • Debu dan Karat

    Tanda lain knalpot yang rusak bisa Anda cek secara langsung dimana terdapat karat di sekitar permukaan komponen ini. Kondisi knalpot yang berkarat tentunya akan merusak struktur knalpot sehingga kinerjanya kian menurun.

    Selain itu, penumpukan debu yang membandel juga bisa membuat knalpot berkerak dan bermasalah. Hal ini bisa terjadi akibat pemilik kendaraan abai dalam merawat mobil dan tidak membersihkan bagian tersebut secara rutin.

    • Performa Mesin Menurun

    Penurunan performa mesin bisa menjadi tanda bahwa knalpot mengalami kerusakan yang cukup parah. Tentunya penyebab utama dari masalah ini bisa karena adanya kebocoran pada tabung knalpot.

    Masalah ini bisa ditandai dengan daya tarik yang lemah, penurunan akselerasi, hingga kehilangan tenaga pada mesin kendaraan. Gejala ini akan membuat tarikan mobil tidak berfungsi dengan optimal dan kendaraan sulit dikendalikan. 

    Gejala kedua yang dapat dirasakan ialah tarikan mobil menjadi lebih boyo ataupun kempos. Hal itu karena tendangan gas buang jadi tidak padat akibat kebocoran pada tabung knalpot.

    • Warna Asap Aneh

    Selain tidak memiliki bau, knalpot yang bagus biasanya tidak mengeluarkan warna asap. Sebaliknya, knalpot yang rusak akan mengalami perubahan warna yang tidak biasa saat mesin dihidupkan.

    Warna asap yang dihasilkan bisa terlihat warna hitam, abu, atau putih pekat. Pada kondisi ini, perubahan warna asap knalpot bisa terjadi karena masalah pada bagian oli mesin. Maka dari itu, segera cek agar dapat ditangani dengan tepat.