Berita

    Featured Image

    Ciri-ciri Busi Mobil Perlu Diganti

    Permasalahan mobil seperti kekurangan tenaga, tentu harus segera diatasi. Penyebab dari masalah ini biasanya merupakan tanda busi mobil harus segera diganti. Busi menjadi salah satu faktor untuk mengecek kondisi mesin mobil apakah berfungsi dengan baik atau sebaliknya. 

    Busi yang baik akan menunjukkan kinerja mobil yang dapat berjalan dengan stabil dan fungsional. Sebaliknya, jika mobil menjadi susah untuk dinyalakan atau kendaraannya tidak dapat berjalan dengan normal, bisa jadi ini ciri busi yang sudah rusak dan perlu diganti. 

    Adapun jika masalah tersebut dibiarkan, ini bisa membuat membuat mesin mobil tidak bisa diaktifkan sama sekali alias mogok. Ketahui penjelasannya berikut ini!

    Tanda Busi Mobil Harus Diganti

    Seperti beberapa komponen mesin mobil yang perlu diganti, busi juga mempunyai usia pakai dan harus membeli baru agar mobil berfungsi dengan normal. Berikut ini beberapa tanda busi pada mobil perlu segera diganti.

    • Putaran Mesin Tidak Halus

    Idle adalah kondisi dimana mobil tidak bergerak saat mesin bekerja. Ketikan mobil dalam keadaan seperti ini, putaran mesin terasa tidak halus seperti menunjukkan getaran yang tidak normal. Bahkan dalam keadaan mobil diam ini menunjukkan putaran mesin yang tidak wajar.

    Jika mengalami hal tersebut, maka bisa diakibatkan karena busi yang perlu diganti. Maka dari itu, segera ganti busi pada mobil agar kendaraan berfungsi dengan baik. 

    • Kesulitan Starter saat Mobil Dinyalakan

    Perlu diketahui, busi berperan sebagai pemicu mesin agar mobil bisa menyala saat digunakan. Namun jika mobil sulit dinyalakan, ini bisa juga dikarenakan masalah pada bus kendaraan.

    Maka dari itu, perlu dicek terlebih dahulu pada bagian busi untuk memastikan komponen tersebut apakah sudah rusak atau kotor. Jika kotor, cukup bersihkan saja lalu mobil dapat dinyalakan. Namun jika sudah rusak, alangkah baiknya untuk segera diganti dengan busi yang baru.

    • Mesin Mobil Menyala dengan Lambat

    Tanda busi perlu diganti selanjutnya apabila mesin mobil kurang cepat menyala saat dihidupkan. Penyebab ini bisa menjadi tanda busi rusak sehingga kecepatan mobil untuk menyala tidak bekerja dengan maksimal.

    Jika hal ini terjadi, tentu perlu diganti dengan menggunakan busi yang baru. Jika sudah diganti, maka mesin mobil akan kembali menyala dan merespon dengan cepat.

    • Warna Busi Gelap