Berita

    Featured Image

    Cari Tahu Highway Hypnosis & Cara Mencegahnya

    Highway Hypnosis adalah suatu keadaan ketika pengemudi kehilangan konsentrasinya. Dalam hal ini sering disebut juga dengan white line fever. Pandangan pengemudi menjadi kabur dan jika dibiarkan terusan akan berakibat fatal.

    Fenomena ini seringkali menjadi pemicu terjadinya kecelakaan di area jalan tol. Sebab, hal ini bisa muncul ketika pengemudi melintasi jalanan yang monoton. Seperti halnya di tol. Jalanan mulus, lurus, tanpa pemandangan yang menarik. 

    Kemudian, Anda akan dengan mudah diserang kebosanan. Sehingga pikiran Anda jadi teralihkan ke hal lain. Anda bisa lupa bahwa Anda sedang mengemudikan kendaraan. Meski sesaat saja, gejala ini berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan.

    Simak cara-cara pencegahan agar Anda bisa terbebas dari fenomena yang merugikan para pengendara satu ini!

    Begini Cara Mencegah Highway Hypnosis yang Bisa Anda Lakukan!

    Efek yang ditimbulkan dari fenomena ini sebenarnya menyerupai microsleep. Jadi, Anda akan kehilangan kesadaran sesaat. Hal demikian hanya akan membuat Anda hilang kendali dan fokus Anda jadi teralihkan. 

    Namun, jangan khawatir karena kami akan membagikan tips agar Anda bisa terhindar dari bahaya highway hypnosis. 

    • Usahakan Tidak Memikirkan Hal Lain

    Biasanya saat mengemudi, ada saja pikiran-pikiran yang datang di kepala Anda. Apalagi jika Anda tengah mengemudi seorang diri. Ditambah jika Anda memang sedang banyak pikiran atau dalam mood yang kurang mendukung.

    Anda akan dengan mudah kehilangan konsentrasi. Sebab, berdasarkan pada perhitungan matematika jika seorang pengemudi kehilangan fous 2 detik saja di kecepatan 80 km/jam bisa membuatnya kehilangan kontrol dalam 44 meter. Maka, kecelakaan fatal pun bisa terjadi.

    • Ciptakan Posisi yang Nyaman

    Selain mengutamakan safety driving, Anda juga harus mengatur posisi menjadi yang paling nyaman. Jangan sampai posisi duduk Anda membuat badan Anda cepat merasakan letih. 

    Kemudian, Anda bisa juga melakukan senam ringan dengan menggerakkan bahu atau leher Anda. Sehingga Anda tidak merasa bosan, badan Anda pun jadi lebih rileks.

    • Mendengarkan Musik

    Anda tentu memiliki selera music yang bisa membuat mood Anda meningkat. Musik juga bisa menjadi salah satu cara mencegah highway hypnosis. Sehingga Anda juga jadi lebih rileks dan tidak mudah bosan. 

    Anda pun bisa mengikuti irama music untuk berdendang dan bergoyang sejenak. Namun, sebaiknya Anda tidak mengatur volume musiknya terlalu kencang. Jika kondisi terlalu bising di mobil bisa juga membuat Anda kehilangan fokus.

    • Berhenti di Rest Area